Finansial

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online yang Perlu Anda Ketahui

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online yang Perlu Anda Ketahui

Freeproject.info - Seiring dengan berkembangnya industri Fintech (fintech) khususnya peer-to-peer (P2P) lending, semakin banyak pula alternatif pinjaman bagi calon peminjam/debitur. Untuk itulah anda harus mengetahui cara menghitung bunga pinjaman online sebelum mengajukan pinjaman.

Sebagian besar karena ingin dibayar secepat mungkin, Anda mengabaikan atau tidak begitu memahami perhitungan biaya dan bunga yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman/kreditur online itu sendiri. Hal ini pada akhirnya akan menimbulkan beban debitur untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas biaya dan keuntungan yang ditetapkan oleh fintech, agar Anda memiliki gambaran dan ekstra hati-hati sebelum mengajukan pinjaman online terbaik yang anda pilih.

1. Biaya-biaya pinjaman online

Umumnya, pinjaman online menentukan banyak biaya antara lain biaya tabungan, biaya administrasi, biaya layanan, dan biaya keterlambatan. Penentuan persentase untuk setiap pinjaman online berbeda-beda, tetapi umumnya masuk ke dalam kisaran berikut:

  • Biaya simpanan: 5-8% dari total pinjaman
  • Biaya administrasi: 1% dari total pinjaman
  • Biaya layanan: 1% dari total pinjaman

Biaya keterlambatan: 1-3% tergantung pada lamanya hari keterlambatan. Misalnya pinjaman yang terlambat 1-7 hari akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 1%, pinjaman yang terlambat 14 hari akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 2% dan seterusnya.

2. Bunga yang dibebankan pinjaman online

Selain biaya yang disebutkan pada poin #1, pinjaman online juga menentukan bunga pinjaman karena persentasenya bervariasi antara pinjaman online juga. Namun, secara umum kelompok kepentingan adalah Jika jangka waktu pinjaman kurang dari atau sama dengan 30 hari, kisaran bunganya adalah 1% per hari = 30% per bulan. Per bulan.

Jika anda mengetahui cara menghitung bunga pinjaman online, hal ini akan cukup memper mudah anda memahaminya. Sekarang coba lihat simulator pinjaman di perusahaan pinjaman online A berikut ini:

Misalkan Anda meminjam uang dari Pinjaman Online A sebesar Rp 4.000.000 dengan jangka waktu pengembalian 4 bulan. Ketika uang dikirim ke rekening Anda, jumlah ini akan didebet dengan biaya tabungan sebesar 6% (dengan asumsi pinjaman online menetapkan biaya tabungan 6%) yaitu Rp 240.000.

Selain itu, Pinjaman Online A juga membebankan biaya administrasi dan layanan masing-masing sebesar 1%, sehingga pinjaman akan dikenakan biaya lagi sebesar Rs 80.000. Pada akhirnya, Anda akan menerima Rp 3.680.000 di akun Anda.

Jika pinjaman online mengenakan bunga 6% per bulan, pembayaran bulanan sebesar Rp 1.240.000 atau jumlah total yang dibayarkan hingga akhir masa pinjaman adalah Rp 4.960.000.

Namun, jika Anda terlambat mengembalikan pinjaman, jumlah yang harus dibayar juga akan meningkat karena biaya keterlambatan. Anda tentu bisa membayangkan bagaimana utang akan menumpuk jika Anda tidak melakukan pembayaran tepat waktu.

Biasanya pinjaman online akan dengan jelas mencantumkan biaya yang harus dibayar dan Anda bisa memilih antara melanjutkan pinjaman atau tidak. JULO merupakan salah satu pinjaman online yang menerapkan keterbukaan biaya dan bunga yang harus dibayar, dimana tim JULO menghubungi calon peminjam dan menjelaskan secara detail biaya yang harus dibayar.

Dalam JULO, debitur diberi kesempatan untuk mempertimbangkan apakah akan melanjutkan pinjaman atau tidak. Selain itu, JULO juga tidak menerapkan biaya yang relatif lebih ringan dibandingkan pinjaman lainnya, yaitu:

  • Biaya Tabungan: 5%
  • Biaya administrasi: tidak ada
  • Biaya layanan: tidak ada
  • Biaya keterlambatan: Rp 55.000 per cicilan keterlambatan

Bunga: 4% per bulan (cicilan JULO) dan 10% (JULO mini dimana pinjaman online lainnya menerapkan bunga 1% per hari, artinya untuk pinjaman 30 hari, untuk pinjaman online lainnya debitur harus membayar bunga 30%)

itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara menghitung bunga pinjaman online yang perlu anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman online. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menambah wawasan.

Join Our Newsletter

Dapatkan update terbaru